Menggali Lebih Dalam Korelasi Pergeseran Nilai Gotong Royong Dengan Hukum Fisika di Pelatihan Penulisan Penyampaian Karya Ilmiah (P3KI) 4

Published by admin on

Fisika bukanlah ilmu hitungan yang berisi banyak persamaan sulit, melainkan suatu ilmu yang berasal dari keresahan tentang suatu fenomena alam, dan tentunya dikembangkan kembali untuk alam yang lebih baik guys.

Hallo pejuang toga fisika, kalian pasti tahu kan bahwa penerapan ilmu fisika tidak hanya berhubungan dengan sains saja loh, ada fisika ekonomi yang sudah banyak dikembangkan di daerah Eropa dan Amerika untuk memprediksi besar saham, ada pula fisika sosial yang dikembangkan berdasarkan perilaku sosial masyarakat.

Pada kesempatan kali ini mimin akan mengajak kalian mengkaji kembali mengenai bagaimana sih korelasi pergeseran nilai gotong royong dari sudut pandang fisika, beneran ada hubungannya ngga ya? Masa sih bisa di prediksi menggunakan hukum thermodinamika?

 For your information, bahwa pembahasan kali ini bersumber dari karya PKM mahasiswi jurusan pendidikan fisika yang kebetulan memperoleh medali perunggu pada kejuaraan PIMNAS 32 kemarin loh. Buat lebih lengkapnya kalian bisa klik link dibawah ini ya guys

//unyku.id/EoLOx

Berhubung kegiatan ini sudah dilaksanakan sebanyak 4 kali jadi, mimin ngga perlu lagi ya buat jelasin apa itu P3KI, dan siapa penyelenggaranya. Seperti pada diskusi sebelumnya, kali ini kita dilatih seputar kepenulisan hingga penyampaian karya yang tentunya dibersamai oleh Bapak Wipsar Sunu Brams Dwandaru, M.Sc, Ph.D selaku dosen pembimbing PKM yang berjudul  “Pergeseran Nilai Gotong Royong terhadap Pola Hidup Masyarakat Berdasarkan Sudut Pandang Termodinamika” ini pada kamis, 14 November 2019 lalu, dimulai dengan penjelasan singkat mengenai bagaimana pola pikir mahasiswa fisika seharusnya, pengalaman Pak Brams dalam mendampingi PKM, penjelasan singkat mengenai materi diskusi, dan sesi tanya jawab, diakhir kegiatan ini, pemateri juga memberikan tips and trik dalam mengikuti lomba dan tentunya motivasi yang sangat berharga. Peserta pelatihan memgaku senang dapat memperoleh ilmu baru dan tentunya memperluas pola pikir dan sudut pandang mereka tentang fisika.

Bagaimana? Sudah semangat berkarya??

Jika gajah mati meninggalkan gading, maka manusia harus lah mati dengan meninggalkan karya, karya yang baik bukanlah karya yang sulit. Melainkan,  karya yang dapat berguna bagi hajat hidup orang banyak.

Mari berproses bersama, jangan takut untuk berkarya dan manfaatkan waktu sebaik – baiknya💕

Salam cinta dari mimin, sampai jumpa di berita berikutnya👋👋


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *