NATIONAL PHYSICS COMPETITION PIF XXII

Published by admin on

Hallo Pejuang Toga Fisika!

Masih inget nggak gais dengan proker tahunan Departemen Penalaran HIMAFI yaitu Pekan Ilmiah Fisika (PIF) ke XXII 2019 ?? Nah kali ini, mimin mau membawakan informasi nih terkait salah satu rangkaian acaranya yaitu Physics Competition. Physics Competition merupakan sebuah olimpiade fisika yang diikuti oleh SMP/Mts dan SMA/MA -sederajat se-Indonesia. Pelaksanaannya dilakukan 2 hari yaitu babak penyisihan yang dilaksanakan pada 26 Oktober 2019 dan babak semifinal-final yang dilaksanakan pada 9 November 2019.

Nah Physics Competition tahun ini diikuti oleh 137 peserta SMP/Mts – sederajat dan 190 peserta SMA/MA – sederajat. Pada babak penyisihan dilaksanakan di 8 Regional yaitu Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Surabaya, Madiun, Surakarta, Purwokerto dan Semarang. Sedangkan babak semifinal-final dilaksanakan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta.

Babak penyisihan Physics Competition ini dilakukan dengan mengerjakan 60 soal pilihan ganda. Pengerjaannya dilakukan serentak disetiap Regional, jadi tenang aja gais ga akan bocor sebelum waktunyaa, hehe. Nah, kemudian diambil masing-masing 30 peserta dengan nilai teratas untuk lanjut ke babak semifinal. Babak semifinal-final, disinilah perang sebenarnya dimulai🔥dibabak semifinal ini 60 peserta saling berlomba berebut kursi di babak final dengan mengumpulkan nilai melalui pengerjaan soal-soal essay yang pastinya dibuat UWU oleh tim-soal Physics Competition. Hasil semifinal kali ini dapat mencerminkan betapa ketatnya persaingan yang ada, jam 12:00 WIB adalah waktu diumumkan siapa saja yang lolos untuk lanjut ke babak final. Bisa bayangin dong, seriwuh apa pas hasilnya dipampang dipapan pengumuman? Ramee gaisss.
Masing-masing ada 4 peserta yang lanjut ke babak terakhir ini. Dibabak final ini, ada 4 serangkaian kegiatan dimulai dengan sesi benar-salah, kemudian sesi rebutan, dilanjut dengan sesi pilih soal di kocokan dan terakhir sesi praktikum. FYI gais, suasana diruangan final sangat menegangkan, semua berlomba2 untuk mengeluarkan segala ilmu pengetahuannya tentang fisika. Hmmm, mimin aja ikut deg-deg an🎉

Juara Physics Competition tingkat SMP/Mts -Sederajat diraih oleh
✅Juara 1 KRIESTIAN VALERIO SUGIANTO dari SMP SANTA MARIA CIREBON
✅Juara 2 RADEN ANDIKA WAHYU WARDHANA dari SMP 1 AL AZHAR 14 SEMARANG
✅Juara 3 LANANG BASWARA SAKHI dari SMP N 5 YOGYAKARTA
✅Juara harapan MAGHRYZA MILCHAN FAYUMI dari SMPN 1 TAYU

Sedangkan juara Physics competition tingkat SMA/MA -Sederajat diraih oleh

✅ Juara 1 LATHIEF NURMAHMUDI WIJAYA dari SMA N 2 PURWOKERTO
✅ juara 2 FATAHILLAH SALSA NUR RIZQI Dari MA NEGERI DEMAK
✅ juara 3 WULAN MAULANI asal SMA KESATUAN BANGSA
✅ juara harapan DAUD MUHAMAD AZHARI asal SMA KESATUAN BANGSA

Gimana gais? Seru bukan? Mimin aja ngerasa seru banget bisa bertemu dengan adik2 yang uwu abisss. Gokil si! Keren

Yups mungkin sekian dari mimin, terimakasih telah berkunjung di web kami dan jangan lupa simak dan nantikan berita lainnya yaa…


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *